CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Saturday, December 30, 2006

InteRNet BoLoooOOTTT

Udah 3 hari belakangan ini, gw gak bisa chat di YM, MSN maupun Skype apalagi mau buka email2 di yahoo, blogwalking, ngeblog.... huuuaaaaaaaa….. rasanya bingung mo ngerjain apa, secara sehari2nya gw bisa betah berlama2 di depan compi baik utk kerjaan maupun sekedar browsing…

Padahal tgl 27/12/06 pagi, gw masih sempet chat ama Jeng Ninis.. tapi emang responnya agak lelet dan udah mulai lamaaaaa banget kalo browsing, cek email, dll…. Dan ternyata jam 10.00 internetnya sama sekali gak bisa dipake lagi… kok tumben?? Padahal gw liat di modem indicator light nya oke semua tuh!!!.... trus gw sms aja ke temen, nanya apa internet dia di rmhnya juga lagi error???... dan ternyata bener katanya lagi ada masalah krn ada gempa di Taiwan.. HAAAAAAAA????????

Akhirnya gw coba cari2 informasi di Websitenya CBN (kalo browsing internet local ternyata gak ada masalah)… kutipan2 beritanya antara lain:

“Semua kekacauan ini berawal dari gempa berkekuatan 7,1 pada skala Richter yang terjadi di selatan Taiwan. gempa ini telah memutuskan empat jalur kabel serat optik bawah laut yang menjadi tulang punggung koneksi lalu lintas data antara Asia Pasifik dan Eropa-Amerika. Jalur itu adalah SMW3 (Southeast Asia-Middle East-Western Europe 3), APCN (Asia Pacific Cable Network), SingTel Internet Exchange (STIX), FLAG (Fiber Optic Around the Globe) dan CHUS (China-United States). Jalur kabel laut serat optik yang tersedia saat ini melalui Australia Japan Cable (AJC), namun kapasitasnya terbatas karena digunakan beramai-ramai.”

“Gempa berkekuatan 7,1 pada skala Richter di selatan Taiwan menyebabkan terputusnya empat jalur kabel serat optik bawah laut yang menjadi tulang punggung koneksi lalu lintas data antara Asia Pasifik dan Eropa-Amerika. Tak ayal, koneksi internet internasional pun terputus. Selama beberapa minggu ini, kita harus melupakan Yahoo, Gmail, Blogger.com, Multiply. Yahoo Messenger, dan sejumlah layanan "made in" luar negeri lainnya. Negeri kita serasa kena embargo!”

“Gempa bumi laut dalam di Taiwan kemarin turut menjadi 'bencana' di Indonesia, khususnya bagi industri Internet yang terpukul mundur hingga 10 tahun ke belakang. Koneksi Internet yang lumpuh ini menghambat aktivitas bisnis.”


Kalo dipikir2 emang bener juga yaaa… gak usah 10 thn kebelakang deh.. 7 thn ke belakang ini aja gw gk serajin sekarang pake fasilitas internet… paling2 dulu gw cuma pake internet utk cek email masuk dan kirim email keluar aja, secara emang kerjaan gw dulu lbh byk di lapangan.. jadi boro2 mau browsing2, ngeblog, chat di YM or MSN…. Tapi sekarang???? setelah gw pindah kantor yang berbasis internet, mulai dari pagi sampe malem betah bener di depan compi melakukan kegiatan yg menggunakan akses internet...

Internet khususnya udah jadi kebutuhan utama bagi gw berhubung gw kerjanya dr rumah, semua kerjaan kantor mesti di remote dari rumah, bisa dibayangin dong kalo sampe bisa lebih dari 3 hr aja gk bisa akses internet??? Ooohh NOOOOOOOOOO…… apalagi kalo baca perkembangan2 berita putusnya jaringan internet ini, katanya bisa membutuhkan waktu 2 minggu sampe 1 bln utk pemulihannya…hhhhhhhhhh lama benneerrrrr

Alhamdulillah pagi ini, tepatnya sekitar jam 10-an waktu gw coba2 browsing ternyata udah normal lagi… Thx God… akhirnya gw bisa menemukan duniaku kembali ;)